Friday, April 3, 2009

ayo pertahankan selera humormu

ada satu kalimat yang pernah diucapkan oleh salah seorang pendeta bernama Ward Beecher, yaitu "orang yang tidak mempunyai selera hunor seperti kereta kuda tanpa pegas-diguncangkan oleh setiap kerikil di jalanan". oke gue tau itu dari sebuah buku nyokap gue.

mari bahas apa maksudnya. gue suka banget dengan kalimat itu. mengapa? gini, deri sebuah segi tertentu, kalimat itu menyinggung tentang intisari falsafah kalo kita ngga boleh mempermasalahkan hal upil (baca: kecil)

sebagian dari kia itu suka banget punya ekspektasi terlalu serius dalam menanggapi apa yang kita alami sehari-hari. dan karena ekspektasi kita itu sendiri, ngga jarang kita merasa sakit, takut, bahkan frustrasi.

tiap kali ngrasa penting, mulai deh kita merasa kalau HIDUP ITU CUMA TENTANG KITA. kita nganggep kalo semua yg terjadi itu ditujukan buat kita dan itu menentang kita. akibatnya, kita jadi kebanyakan mikirin diri sendiri, masalah, terlalu lekat pada dan dengan pendapat kita sendiri. efek sampingnya apa? kita jadi takut, egois, ragu, marah, frustrasi, dan merasa ngga bahagia. sadar ngga sih, kalo setiap kita merasa masalah kita menjadi terlalu serius, di saat itulah kita mempermasalahkan hal kecil!

gini deh, kalo liat orang yang terlalu serius dan kaku. Kita juga bosek, kan? kayanya lo pengen banget bilang ke orang itu "santai aja woooy!" nah, apa mau jadi orang kaya gitu?

lalu gimana caranya menghempaskan semua itu? jawabannya adalah : DENGAN HUMOR YANG BAIK

dengan lelucon atau humor yang baik, beban kita berangsur hilang. apalagi kalo yang jadi sasaran humornya itu kita sendiri. kalo bisa ngaca, maka lo bakal ngrasa kalo kita itu agak bodoh juga ya. haha. kebiasaan kita yg slalu menganggap hal kecil jadi besar itu sama menggelikannya dengan humor yang baik. seperti ada aktris, namanya Mbak Ethel Barrymore (haha, terlihat lucu ditambahin 'Mbak') bilang, "kamu menjadi dewasa pada harimu pertama kali menertawakan sesuatu-dirimu sendiri"

akan membantu kalo lo bertanya sama diri sendiri, "kenapa semua aku tanggapi serius?". menertawakan diri sendiri dan punya selera humor baik itu bukan berarti gue ngga peduli atau ngga punya usaha yang keras lho. gue punya hasrat yang kuat tentang banyak hal dan gue bekerja sama kerasnya kaya orang lain. tapi gue bahagia karna gue punya selera humor yang baik.

gue tau kalo beberapa orang ngga suka sama gue. gue juga tau kalo beberapa orang akan mengkritik gue. gue juga tau kalo suatu saat nanti gue akan melakukan kesalahan. dan di saat di mana gue melakukan kesalahan, gue ngga kecewa kalo gue salah, karna itu manusiawi. oh please. orang mana yang ngga pernah berbuat salah? ini hidup.

humor itu menarik. kenapa? karna di saat gue menyarankan supaya ngga usah terlalu serius menanggapi diri sendiri, mungkin di benak mereka terbersit pikiran bahwa gue suka mengecilkan masalah dan mereka merasa frustrasi karena saran gue itu Ha Ha. oh teman, tentu bukan itu yang gue maksud! bukalah mata, semua orang punya masalah, bahkan ada yang berlipat-lipat ganda lebih sulit. hidup memang berat dan menyakitkan (wuidiiiih). tapiii, selera humor bisa membuat kita MEPERTAHANKA SUDUT PANDANG YANG TEPAT DALAM MENANGGAPI SUKA DUKA KEHIDUPAN. humor membuat hidup menjadi seribu kali lebih menarik dan menyenangkan pada saat lo mendapatkan hal yang baik, dan juga bisa membantu lo di saat keadaan jadi buruk.

jadi yang gue harapkan, di tengah semmmuaa keseriusan yang ada di sekitar lo, lo masih tetep bisa mempertahankan dan mengembangkan humor yang baik. percaya deh, dengan begitu, kamu akan terbantu!

selamat mencoba oh teman oh kawan

sampai di jumpa!

1 comment:

Anonymous said...

bener itu